Pages

Gasing

0 Comments Diposting oleh Pak latos Selasa, 01 Juni 2010 di 21.11


Permainan Gasing merupakan permainan rakyat pulau Bangka. Permainan ini sudah lama dikenal dan menjadi permainan utama nenek moyang orang di Bangka Belitung, namun permainan ini bukan hanya ada di Bangka Belitung, tetapi umumnya ada di daerah-daerah yang memiliki unsur-unsur budaya Melayu.

Permainan gasing dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok (beregu).

Media /Alat Permainan

Permainan ini menggunakan gasing yang terbuat dari kayu, biasanya diambil bagian tras atau bagian terkuat dari kayu yang terletak pada bagian tengah atau bagian akar. Kayu yang digunakan biasanya kayu Menggeris, Pelawan, Kayu Besi, Leban, Mentigi, dan sejenisnya. Dengan menggunakan peralatan tradisional berupa parang, pisau dan teribik (pecahan beling), kayu tersebut dibentuk menjadi sebuah gasing yang dapat diputar. Selain itu juga digunakan seutas tali panjang yang dianyam dari kulit kayu, tetapi pada masa sekarang sudah menggunakan tali sintetis untuk memutar gasing.

Macam-macam gasing yang ada di Pangkalpinang diantaranya adalah:

1.Gasing Jantung

Gasing ini disebut gasing jantung karena bentuknya mirip jantung manusia dan bentuknya lebih banyak dikenal karena lebih mudah dibuat dibandingkan jenis gasing yang lain. Gasing jenis ini banyak disukai karena mudah dimainkan baik cara memusing (melempar dengan gerakan memutar gasing mempergunakan tali) maupun dalam cara memangkak (melemparkan gasing ke arah gasing lawan dengan maksud menghentikan putaran gasing lawan atau mematikan gasing lawan), sangat cocok dimainkan oleh pemain pemula. Dalam pertandingan gasing, gasing ini banyak digunakan, ciri khas gasing ini adalah bentuknya agak tinggi, kepala gasing tinggi bulat, dan pada bagian bawahnya lebih meruncing. Gasing ini mudah dimainkan, baik memusingkan maupun memangkak gasing lawan.

2.Gasing Guci

Bentuk dan rupa hampir sama dengan gasing jantung, perbedaannya terletak pada pinggang gasing yang berbentuk oval. Bidang lilitan tali pemusing lebih kecil dari ukuran pinggang gasing. Bentuk tubuh gasing dibuat bertingkat-tingkat ke arah buntut gasing dan bergerigi. Pada bagian bawah terlihat lebih gemuk, serta urinya lebih tahan menerima pangkahan.

3.Gasing Pelita atau Tampeng

Berbentuk unik mirip dengan bentuk payung, dengan banyak variasi seperti gerigi yang bertingkat, buntut gasing yang dibuat lebih panjang dan ramping daripada jenis gasing yang lain, tapi gasing ini jarang digunakan karena tidak populer dan agak sulit dibuat. Gasing jenis ini unggul bila digunakan untuk memangkak dan memecahkan gasing lawan.

4.Gasing Effel

Berbentuk pipih, bentuk fisiknya rendah dan pada bagian buntut gasing rendah. Gasing jenis ini cukup populer dan cukup banyak dipakai oleh pemain karena memiliki pertahanan yang kuat dalam pertandingan. Gasing ini punya banyak uri dan tahan menerima pangkahan gasing lawan.

5.Gasing Lampu

Gasing ini Berbentuk bulat dan oval pada bagian perutnya dan lebih rendah dari gasing yang lain, tapi gasing ini mempunyai keistimewaan, yaitu tidak mudah mati putarannya ketika dipangkah.


Arena /Lapangan Permainan

Pada zaman dahulu permainan gasing dilakukan disela-sela kesibukan berladang atau berkebun dan belum memiliki arena atau lapangan khusus untuk bermain gasing. Biasanya dilakukan di tempat atau lapangan yang memiliki tanah agak keras dan rata, lalu membentuk kelompok-kelompok bermain. Ada juga yang dilakukan di depan rumah salah seorang warga.


Aturan/Cara Permainan

Pada zaman dahulu belum ada peraturan permainan yang khusus ataupun tertulis tentang permainan gasing. Mereka hanya bertanding lama uri dan kekuatan memangkah gasing lawan. Bagi yang urinya lama ataupun berhasil memecahkan gasing lawan, maka mereka dinilai terampil dalam permainan gasing.

Pada masa sekarang sudah dibuat peraturan ataupun sistem yang dapat mengukur prestasi seseorang. Peraturan itu dibuat untuk melestarikan gasing sebagai permainan tradisional Melayu dan untuk perlombaan dalam olahraga mengingat gasing sudah mulai jarang dimainkan.

Sumber berasal dari : 1) www.konslet.com
2)www.wikipedia.com
3)www.google.com

0 Responses so far.

Posting Komentar